Text
Pengembangan media pembelajaran poster untuk siswa SMA pada materi alat optik
ABSTRAK
SITI WULANDARI. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Untuk Siswa SMA Pada Materi Alat Optik. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa poster sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk materi Alat Optik dengan menggunakan software desain grafis Corel Draw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) desain model Borg dan Gall. Instrumen uji coba berupa angket ratting scale dengan teknik perhitungan skala Likert. Poster ini telah melalui tahap uji validasi dengan presentase 79,167% menurut ahli materi dan 90,42% menurut ahli media. Uji lapangan poster ini dilakukan kepada 36 siswa SMA dan 2 guru fisika di SMAN 97 Jakarta dengan presentase capaian sebesar 87,19% menurut guru dan 89,63% menurut siswa. Instrumen hasil penelitian berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 buah butir soal. Soal pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 48,167 dan soal posttes diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,167, maka diperoleh nilai N-gain sebesar 0,49 yang tergolong sedang. Berdasarkan hasil uji validasi ahli, uji coba siswa dan guru, serta hasil nilai N-gain, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
Kata kunci : Media, Poster, Alat Optik Bibliografi : lembar 72 - 73
SS00012258 | SK 12258 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain