Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS pada materi pranata sosial dan pranata sosial : studi eksperimen pada siswa kelas 8 SMP Negeri 74 Jakarta
ABSTRAK
Sarah Hanifah, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Materi Pranata Sosial dan Pengendalian Sosial (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 74 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 74 Jakarta dengan sampel kelas VIII. Sampel penelitian diambil secara purposive random sampling yang dilakukan secara acak dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini mengunakan metode quasi eksperimental yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) yang dilakukan berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes awal (pre-test), dan tes akhir (post-test). Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogentitas mengunakan Uji Fisher menunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,589 > 1,995) pada materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dengan taraf signifikan 0,05 yang artinya hipotesis H1 diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 75 -76
SS00012265 | SK 12265 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain