Text
Studi terhadap pengelolaan konveksi pada Sentra Industri Konveksi di Kelurahan Cipadu Jaya Kecamatan Larangan Kota Tangerang
ABSTRAK
Luhung Priambodo (4315102477). Studi Pengelolaan Konveksi Pada Sentra Industri
Konveksi di Kelurahan Cipadu Jaya, Kecamatan Larangan, Kota Tanggerang, Provinsi
Banten. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sentra industri konveksi
yang dilakukan oleh para pengusaha konveksi di Kelurahan Cipadu Jaya, Kecamatan
Larangan, Kota Tanggerang, Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan
Juni 2016 hingga Januari 2017. Metode yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha konveksi di Kelurahan Cipadu
Jaya, Kecamatan Larangan, Kota Tanggerang, Provinsi Banten berjumlah 112
pengusaha, kemudian setelah dihitung menggunakan rumus slovin di dapat sampel
berjumlah 53 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling.
Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner bersifat tertutup yang terdiri dari 45
pertanyaan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap perencanaan para pengusaha
konveksi telah melakukan perencanaan dengan baik yaitu merencanakan penggunaan
modal untuk pembelian bahan, alat-alat produksi, dan mempekerjakan tenaga kerja.
Pada tahap pengorganisasian para pengusaha mengelola sendiri usaha tersebut,
keuntungan yang diterima disimpan lalu dipergunakan kelak untuk mengembangkan
usaha. Pada tahap pelaksanaan para pengusaha konveksi melakukan produksi tiap
minggunya menghasilkan > 1000 produk/item. Para tenaga kerja bekerja 12 jam/hari
dengan upah berkisar > Rp 750.000/minggu. Para pengusaha dalam melakukan
produksi didasarkan pada pesanan konsumen dan ide kreatif para pengusaha. Para
pengusaha konveksi mayoritas menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut
dan menggunakan iklan melalui media sosial. Dalam tahap pengawasan para
pengusaha konveksi melakukan pengawasan produksi setiap harinya, luas cakupan
pemasaran para pengusaha konveksi sudah mencapai antar provinsi. Para pengusaha
konveksi lebih mengutamakan hasil jahitan dan jenis bahan yang berkualitas untuk
dapat menarik minat konsumen, harga yang diberikan disesuaikan dengan kualitas
produk yang ditawarkan. Rata-rata para pengusaha telah memiliki 6 – 10 pelanggan
tetap. Disaat produksi para pengusaha konveksi sedang turun mereka lebih
memprioritaskan untuk membenahi manajemen usahanya daripada mengurangi jumlah
tenaga kerja. Sebagian besar para pengusaha konveksi belum mendapatkan keluhan
dari konsumen dikarenakan hasil jahitan dan bahan bagus serta harga yang diberikan
tidak mahal.
Kata Kunci: Sentra Industri Konveksi, Pengusaha Konveksi
Bibliografi : lembar 102 - 103
SS00012267 | SK 12267 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain