Text
Pola komunikasi guru terhadap siswa tunarungu dalam pembinaan ibadah sholat : studi kasus Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih , Cijantung Jakarta Timur
ABSTRAK
Abid Kholis Lahuddin, Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu Dalam Pembinaan Ibadah Shalat (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur). Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Jurusan Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti yang ingin mengetahui Pola Komunikasi guru dan siswa tunarungu dalam pembinaan ibadah shalat di Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur. Peneliti menggunakan macam-macam Pola Komunikasi yang dapat mengetahui penerapan Pola Komunikasi apa yang dipakai guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu, serta kendala dan dukungan yang di dapat guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pola Komunikasi yang digunakan guru dalam pembinaan ibadah shalat siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori Pola Komunikasi menurut Andreano Rinaldi Sitinjak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pola Komunikasi yang dominan dipakai guru untuk membina ibadah shalat siswa tunarungu adalah Sirkular, karena guru mengenalkan dan membiasakan siswa tunarungu untuk selalu memberi tanggapan langsung dari instruksi yang guru berikan, sehingga siswa tunarungu lebih aktif dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam pembinaan ibadah shalat.
Kata kunci: Pola Komunikasi, Pembinaan, Ibadah Shalat, Siswa Tunarungu Bibliografi ; lembar 71 - 72
SS00012272 | SK 12272 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain