Text
Respon siswa terhadap pembelajaran Tahfidz Al- Our"an di SMAIT Rauddhatul Jannah , Cilegon
ABSTRAK
Ibnu Farhan Hany, Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah, Skripsi. Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini meneliti 3 unsur pembelajaran, yakni tentang materi pelajaran yang diajarkan, karena dengan adanya materi pelajaran yang disampaikan maka akan membantu siswa dalam menghafal al-Qur’an secara baik dan benar, selanjutnya metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’a, dengan menggunakan metode tepat siswa akan mudah dan cepat dalam menghafal al-Qur’an, dan terakhir tentang sikap guru tahfidz al-Qur’an, sebagaimana kita ketahui seorang guru merupakan pembimbing siswanya dalam belajar ketika disekolah, jika sikap guru baik dalam mengajar, siswa akan tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan guru tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, respon siswa terhadap pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah secara keseluruhan positif atau baik, Kedua, respon siswa terhadap materi pembelajaran tahfidz al-Qur’an sudah baik, tetapi masih ada beberapa aspek yang menjadi bahan evaluasi bagi guru, ketiga, respon siswa terhadap metode tahfidz al-Qur’an juga sudah baik dalam penerapannya, dan keempat terkait respon siswa terhadap sikap guru tahfidz al-Qur’an juga secara perhitungan analisis peneliti sudah baik, walupun ada 1 sikap yang harus di miliki oleh guru, seperti menurut informan yang peneliti wawancarai mengatakan bahwa kurangnya ketegasan guru dalam mengajar, sehingga masih ada beberapa siswa yang meremehkan pelajaran tahfidz yang diajar oleh guru tersebut.
Kata Kunci: Respon, siswa, dan pembelajaran tahfidz al-Qur’an.
Ibnu Farhan Hany, Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah, Skripsi. Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini meneliti 3 unsur pembelajaran, yakni tentang materi pelajaran yang diajarkan, karena dengan adanya materi pelajaran yang disampaikan maka akan membantu siswa dalam menghafal al-Qur’an secara baik dan benar, selanjutnya metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’a, dengan menggunakan metode tepat siswa akan mudah dan cepat dalam menghafal al-Qur’an, dan terakhir tentang sikap guru tahfidz al-Qur’an, sebagaimana kita ketahui seorang guru merupakan pembimbing siswanya dalam belajar ketika disekolah, jika sikap guru baik dalam mengajar, siswa akan tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan guru tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, respon siswa terhadap pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SMAIT Raudhatul Jannah secara keseluruhan positif atau baik, Kedua, respon siswa terhadap materi pembelajaran tahfidz al-Qur’an sudah baik, tetapi masih ada beberapa aspek yang menjadi bahan evaluasi bagi guru, ketiga, respon siswa terhadap metode tahfidz al-Qur’an juga sudah baik dalam penerapannya, dan keempat terkait respon siswa terhadap sikap guru tahfidz al-Qur’an juga secara perhitungan analisis peneliti sudah baik, walupun ada 1 sikap yang harus di miliki oleh guru, seperti menurut informan yang peneliti wawancarai mengatakan bahwa kurangnya ketegasan guru dalam mengajar, sehingga masih ada beberapa siswa yang meremehkan pelajaran tahfidz yang diajar oleh guru tersebut.
Kata Kunci: Respon, siswa, dan pembelajaran tahfidz al-Qur’an.
Bibliografi : lembar 73 - 75
SS00012276 | SK 12276 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain