Text
Meningkatkan keterampilan smash bola voli menggunakan media alat bantu pembelajaran : study action research kelas X AK 2 di SMK Tirta Sari Surya Jakarta
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN (Hanging Ball On The Rope, Hanging Ball On The Pipe dan Bola Modifikasi)
(Study Action Research Kelas X Akuntansi 2 di SMK Tirta Sari Surya Jakarta)
IKHSAN HADI PRASETYO
ABSTRAK
Penelitian ini berupa penelitian tindakan untuk meningkatkan hasil belajar smash bola voli di SMK Tirta Sari Surya Jakarta pada tahun pelajaran 2016/2017. Dengan jumlah peserta didik 40 orang yang terdiri dari 24 perempuan dan 16 laki-laki. Penelitian ini dengan menggunakan model Kemmis Taggart yang terdiri dari prasiklus dan siklus 1 serta siklus 2. Dalam pembelajaran smash bola voli ini menggunakan alat bantu pembelajaran (hanging ball on the rope, hanging ball on the pipe dan bola modifikasi) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui pengamatan oleh observer, catatan lapangan dan dokumen nilai peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah tindakan menggunakan alat bantu pembelajaran pada siklus 2 diperoleh hasil 87,5%, peserta didik yang mendapatkan kriteria sangat baik, 12,5% peserta didik mendapatkan kriteria baik, 50% peserta didik mendapatkan kriteria cukup 22,5% peserta didik mendapatkan kriteria kurang, 5% dan peserta didik mendapatkan kriteria kurang sekali 10 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Dengan alat bantu pembelajaran gerakan smash bola voli meningkat, dan peserta didiki termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran smash bola voli.
Kata Kunci: Alat bantu Pembelajaran, Smash Bola Voli. Bibliografi : lembar 165-167
TM00002248 | TM 2248 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain