Text
Pengaruh metode latihan drill dan percaya diri terhadap keterampilan servis atas : studi eksperimen pada siswa ekstrakurikuler bola voli Putera di SMK iInformatika Sumedang
Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh metode latihan drill dan percaya diri terhadap keterampilan servis atas pada siswa ektrakurikuler bola voli putera di smk informatika sumedang. Teknik analisis menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh :(1) Secara keseluruhan hasil keterampilan servis atas yang latihan dengan menggunakan metode latihan drill bertahap lebih baik daripada yang menggunakan metode latihan drill langsung (F0 (A) = 1,850 dengan p-value = 0,018 < 0,05dan F0 (B) = 1,137 dengan p-value = 0,293 > 0,05); (2) terdapat interaksi antara metode latihan drill dengan percaya diri terhadap hasil servis atas, F0 (AB) = 2,737dengan p-value = 0,017< 0,05. (3) bagi siswa yang memiliki percaya diri tinggi, hasil servis atas dengan metode latihan drill bertahap lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metodel latihan drill servis langsung (sig 0,021 < 0,05) ; (4) bagi siswa yang memiliki percaya diri rendah hasil servis atas yang dilatih dengan metode latihan drill bertahap lebih rendah daripada yang diajar dengan metodel latihan drill langsung (sig 0,029 < 0,05.
Diharapkan kepada seluruh pelatih dalam membina atlet untuk meningkatkan hasil servis atas, lebih baik dengan menggunakan metode latihan drill servis bertahap.
Kata kunci : metode latihan drill, servis atas bola voli, percaya diri
Bibliografi : lembar 113-115
TM00002250 | TM 2250 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain