Text
Pengembangan media bimbingan berbasis sparkol videoscribe untuk materi struktur, jenjang serta macam-macam perguruan tinggi : penelitian dan pengembangan media pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 79 Jakarta
PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MATERI STRUKTUR, JENJANG, SERTA MACAMMACAM PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 79 JAKARTA
MEGA SEPTRYA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan permasalahan utama, yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi struktur, jenjang, serta macam-macam perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media bimbingan bagi peserta didik kelas XII SMA Negeri 79 Jakarta yang diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami bagaimana struktur, jenjang serta macam-macam perguruan tinggi, sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan ketika ingin menentukan pilihan di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan melalui 5 dari 10 tahapan penelitian yang dikemukakan oleh Sugiyono. Peneliti melakukan pungumpulan data analisis kebutuhan dengan beberapa teknik, yaitu wawancara dan kuesioner. Uji Validasi dilakukan oleh 1 validator, yaitu ahli media. Dengan demikian, simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa media bimbingan berbasis sparkol videoscribe dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai salah satu acuan dalam memberikan layanan bimbingan klasikal kepada peserta didik.
Kata kunci: Pengembangan Media, Layanan Klasikal, Perguruan tinggi Bibliografi : lembar 60-62
SS00012300 | SK 12300 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain