Text
Pengaruh persepsi keterlibatan ayah dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian di perguruan tinggi pada mahasiswa perantau tahun pertama di Universitas Negeri Jakarta
PENGARUH PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DI PERGURUAN TINGGI PADA MAHASISWA PERANTAU TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi keterlibatan ayah dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian di perguruan tinggi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama perantau di UNJ. Sampel penelitian sebanyak 67 responden berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan alat ukur Keterlibatan Ayah, Emotional Intelligence Questionnaire, dan The Student's Adaptation to College Questionnaire. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi ganda karena memiliki dua variabel bebas. Berdasarkan perhitungan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 9,2% untuk persepsi keterlibatan ayah dan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian di perguruan tinggi. Untuk melihat pengaruh secara terpisah keterlibatan ayah terhadap enyesuaian di perguruan tinggi memiliki pengaruh sebesar 6,8%, sedangkan kecerdasan emosi terhadap penyesuaian di perguruan tinggi memiliki pengaruh sebesar 5,9%.
Kata kunci: pengaruh, keterlibatan ayah, kecerdasan emosi, penyesuaian di perguruan tinggi, regresi ganda
Bibliografi : lembar 94-98
SS00012293 | SK 12293 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain