Text
Pengaruh persentase penambahan jumlah cokelat bubuk pada pembuatan brigadeiro chocolate terhadap daya terima konsumen
PENGARUH PERSENTASE PENAMBAHAN JUMLAH COKELAT BUBUK PADA PEMBUATAN BRIGADEIRO CHOCOLATE TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN
DESTI WILANJANI
ABSTRAK
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenganalisispengaruhpersentasepe nambahanjumlahcokelatbubukpadapembuatanbrigadeiro chocolateterhadapdayaterimakonsumendariaspekwarna, aroma, rasa, dantekstur.Penelitianinidilakukan di LaboratoriumPastry and Bakery Program Studi Tata Boga, UniversitasNegeri Jakarta.WaktupenelitiandilakukanpadabulanJanuarisampaidenganNovember 2016.Denganmetodeeksperimendandilakukanujiorganoleptikkepada 30 panelisagakterlatihuntukmengujidayaterimakonsumen.Populasipadapenelitianinia dalahpembuatanbrigadeiro chocolate denganpenambahanjumlahcokelatbubuk, sedangkansampelpadapenelitianiniadalahbrigadeiro chocolatedenganpersentasepenambahancokelatbubuksebanyak 2,5%, 5%, dan 7,5%. Hasilujideskriptif data menunjukanbahwa formula denganpersentasepenambahancokelatbubukpadabrigadeiro chocolate sebanyak 7,5% padaaspek aroma dan rasa memilikinilai rata-rata tertinggiyaitu 4,03 dan 4,13. HasilujihipotesisdenganUji Friedman dengantarafsignifikasi α = 0,05menunjukanbahwatidakterdapatpengaruhpersentasepenambahanjumlahcokela tbubukpadapembuatanbrigadeiro chocolateterhadapdayaterimakonsumenpadaaspekwarna, aroma, dan rasa. Sedangkanpadaaspekteksturterdapatpengaruhpersentasepenambahanjumlahcokela tbubukpadapembuatanbrigadeiro chocolateterhadapdayaterimakonsumen.HasilUji Tuckey’s padaaspekteksturdenganpersentasepenambahancokelatbubuksebanyak 2,5% dan 5% merupakan formula yang paling disukai.
Kata Kunci :brigadeiro chocolate, cokelatbubuk, dayaterimakonsumen
Bibliografi : lembar 59-60
SS00012419 | SK 12419 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain