Text
Kemampuan berhitung pada anak usia 4 - 5 tahun dengan kegiatan bermain kartu angka
KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA
Irna Yoelianasari 1615128635
ABSTRAK
Data analisis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun dengan kegiatan bermain menggunakan kartu angka. Kemampuan berhitung merupakan salah satu kemampuan ilmu matematika. Kartu angka merupakan media pembelajaran yang dibuat menggunakan karton atau duplek yang bentuknya persegi dengan ukuran 5x5 cm yang dapat mengembangkan kemampuan berhitug pada anak usia 4-5 tahun. Data analisis diperoleh dari analisis perbandingan bahwa kartu angka mempunyai manfaat untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak, yang dijadikan objek kajian perbandingan. Keterkaitan bermain kartu angka yang dijadikan objek kajian perbandingan dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak. Hasil analisis ini membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung. Anak mampu membilang secara berurutan, melakukan korespondensi satu ke satu, menghubungkan benda dengan lambang bilangan, menghitung tidak relevan, dan menghitung kardinal. Media yang dipilih disesuaikan dengan tahapan dan prinsip perkembangan berhitung pada anak, media yang bervariasi dalam melakukan kegiatan seperti kegiatan bermain kartu angka untuk mengenalkan konsep berhitung agar anak dapat dengan mudah memahami konsep berhitung dengan baik, anak akan menyenangi kegiatan berhitung menjadi lebih bermakna dengan pembelajaran secara langsung dan terstruktur dari lingkungannya serta dikombinasikan dengan media kartu angka yang dilakukan oleh anak melalui bermain. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci : kemampuan berhitung, kartu angka Bibliografi : lembar 42
SS00012426 | SK12426 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain