Text
Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis antara penggunaan metode penemuan terbimbing dan metode React pada siswa kelas V Sekolah Dasar : studi komparatif di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANTARA PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE REACT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Komparatif di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan) (2017) Yunia Astuti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis antara penggunaan metode Penemuan Terbimbing dan metode REACT pada siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa kelas V SD di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest – posttest comparison group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Bartlett sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode REACT memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing. Hasil ini menunjukkan bahwa metode REACT lebih dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan metode penemuan terbimbing. Oleh sebab itu, guru perlu memilih metode yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, metode penemuan terbimbing, metode REACT. Bibliografi ; lembar 68 -69
SS00012430 | SK12430 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain