Text
Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 16 Jakarta
ABSTRAK
GANEVI MULATSARI TEMBONG. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan
Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran SMK
Negeri 16 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan
Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Februari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa jurusan Administrasi
Perkantoran SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan
terhitung mulai bulan November 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi jurusan Administrasi Perkantoran
yang berjumlah 205 orang dengan populasi terjangkaunya 140 orang. Berdasarkan
tabel populasi dan sampel dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel
sebanyak 100 siswa/siswi dengan menggunakan teknik sampel proporsional. Data
dari variabel X tentang kontrol diri merupakan data primer berupa kuesioner dan
variabel Y tentang prokrastinasi akademik merupakan data primer berupa
kuesioner. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari
persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 181,92 – 0,642 X. Hasil uji normalitas
liliefors menghasilkan Lhitung = 0,068 sedangkan Ltabel = 0,079 pada taraf
signifikansi (a) = 0.05 untuk jumlah sampel (n) 100. Karena Lhitung= (0,068) <
Ltabel = (0,079) maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis
dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (55,47) > Ftabel (3,96), yang
berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan
Fhitung (0,72) < Ftabel (1,61) sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa
model persamaan regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment
menghasilkan rhitung = -0,601. Uji-t menghasilkan thitung (-7,45) < ttabel (-1,66).
Dengan demikian dapat dinyatakan koefisien korelasi rxy = -0,601 adalah negatif
signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,14%, menunjukkan
bahwa kontrol diri mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 36,14% dan
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
negatif dan signifikan antara antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik
pada siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 16 Jakarta dan
disarankan bagi sekolah untuk membimbing siswa agar dapat mengontrol diri
dengan baik sehingga tercipta perilaku yang disiplin dan bertanggung jawab .
Kata Kunci: Kontrol Diri, Prokrastinasi AkademikBibliografi : lembar 76-77
SS00012222 | SK 12222 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain