Text
Pengaruh disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kelas X di SMKN 48 Jakarta Timur
ABSTRAK
Fajar Budiman. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 48 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Disiplin Belajar dan Iklim Motivasi berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Mei sampai dengan bulan juli 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas x yang mmengaabil mata pelajaran pengantar akun SMK Negeri 48 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan sampel sebanyak 62 siswa. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data Variabel X1 (Disiplin Belajar), X2 (Motivasi Berprestasi) dan Y (Disiplin Belajar dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi ganda dan diperoleh persamaan regresi Ŷ=1,283X1+0,928X2+0,415, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan melihat hasil uji statistic Kolmogorov Smirnov yaitu sebesar 0,200, lebih besar dari 0,05 (> 0,05), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linieritas dengan melihat ANOVA Tabel yang diperoleh dari Y dengan X1 (X2 dianggap konstan), dan Y dengan X2 (X1 dianggap konstan) diperoleh Deviation from Linearity sebesar 0,830 dan 0,683. Lebih besar dari 0,05 ( > 0,05) yang menyatakan terdapat hubungan yang linier dan signifikan. Uji korelasi simultan menghasilkan nilai R sebesar 0,645, maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar motivasi berprestasi dan hasil belajar memiliki hubungan positif yang kuat. Uji hipotesis melalui Uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel sebesar 53,335 > 3,17 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Bresprestasi terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 48 Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,664 atau 33,6%, maka dapat diambil keputusan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Bresprestasi terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 48 Jakarta. Bibliografi : lembar 84-87
SS00012228 | SK 12228 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain