Text
Hubungan antara komunikasi orang tua-guru dengan kebiasaan belajar : studi korelasi di SDN 07 Ujung Menteng, Cakung
HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI ORANG TUA-GURU DENGAN KEBIASAAN BELAJAR
(Penlitian Korelasi di SDN 07 Ujung Menteng Cakung, Jakarta Timur) 2017
ADINDA SEPTIANI RAHAJENG
Lulusan Fkultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Jakarta; e-mail: adinda.1615121266@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara komunikasi orang tua-guru dengan kebiasaan belajar di SDN 07 Ujung Menteng Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN 07 Ujung Menteng Cakung Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 07 Ujung Menteng Cakung Jakarta Timur. Hasil dari analisa data tersebut dan setelah di korelasikan ternyata dapat diketahui bahwa diperoleh rxy sebesar = 0,366 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan n= 30. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan korelasi signifikan (thitung (2,1167) > ttabel (2,045) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan n= 30), dengan koefisien determinasi sebesar 13,3% sedangkan sisanya 86,7% ditentukan faktor lain. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara komunikasi orang tua-guru dengan kebiasaan belajar di SDN 07 Ujung Menteng Cakung, Jakarta Timur.
Kata kunci: komunikasi orang tua-guru, kebiasaan belajar Bibliografi : lembar 85-88
SS00012763 | SK 12763 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain