Text
Mengembangkan kemampuan bicara melalui kegiatan bercerita : kajian pustaka
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA (Kajian Pustaka) (2017) ASMUNIH
ABSTRAK
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang bagaimana mengembangkan kemampuan bicara melalui kegiatan bercerita. Sebelum anak dapat berkomunikasi dengan aktif, berawal dari kemampuan anak dalam menyimak suatu kata dan kalimat yang kemudian diungkapkan secara lancar dengan bahasa lisan (bicara). Artikulasi yang tepat sangat penting untuk digunakan dalam bicara agar makna yang disampaikan kepada orang lain akan mudah untuk dipahami. Bicarapun dapat menimbulkan suatu komunikasi yang baik dan efektif. Kegiatan bercerita dapat mengembangkan kemampuan bicara anak, karena dengan bercerita anak akan mendengarkan dengan baik sebuah cerita dan akan menerima banyak kosakata baru sehingga dapat memudahkan anak untuk berkomunikasi secara lisan kepada orang lain dan dapat memberikan hubungan kedekatan antara guru dengan anak maupun anak dengan anak, sehingga dengan mudah terjalin sebuah komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikanpun dapat dipahami dengan mudah oleh orang yang mendengarkan. Implikasi hasil dari kajian ini adalah dengan menggunakan kegiatan bercerita yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan bicara anak sehingga kebutuhan dan keinginan anak dapat dimengerti oleh orang lain. Dalam kegiatan bercerita ini hendaknya guru dapat mengerti dan memahami perkembangan bicara anak. Kegiatan bercerita dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan berbagai kemampuan yang ada pada anak, terutama kemampuan bicara.
Kata kunci : Bicara dan bercerita Bibliografi : lembar 57-59
SS00012760 | SK 12760 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain