Text
Papan matematika sebagai media dalam pembelajaran kemampuan berhitung 1-10 : kajian pustaka
Papan Matematika Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kemampuan Berhitung (Kajian Pustaka)
Sri Suci Damayanti 1615128643
ABSTRAK
Tujuan penulisan adalah mengkaji permainan papan matematika dengan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Belajar matematika melalui permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi anak. Mengenali lambang bilangan dan mengerti konsepnya bisa distimulasi sejak dini melalui permainan-permainan matematika, dan yang paling penting permainan itu harus sederhana, menarik, tidak membosankan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis teori-teori yang didapat dari buku-buku referensi, dan daftar pustaka.Temuan hasil analisis teori adalah dalam proses berhitung, anak tidak secara langsung diajarkan bagaimana cara berhitung, namun anak harus mengalami beberapa proses untuk menuju cara berhitung. Anak pada usia dini memerlukan media kongkrit agar kebutuhannya akan berhitung terpenuhi dan berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berhitung menggunakan benda kongkrit dalam memahami konsep bilangan, mengurutkan angka, memasangkan lambang bilangan. Melalui kegiatan media papan matematika, kemampuan berhitung anak dapat di tingkatkan. Setelah diberi tindakan, anak akan lebih mampu membilang banyak benda 1 sampai dengan 10, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai dengan 10, yang disajikan dengan bendabenda yang obyektif dan kongkrit sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif, sehingga melalui benda-benda kongkrit akan memudahkan anak dalam mengenal konsep dan lambang bilangan.
Kata kunci: permainan papan matematika dan kemampuan berhitung Bibliografi : lembar 46-48
SS00012378 | SK 12378 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain