Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS tentang pahlawan melalui metode problem solving pada siswa kelas V : penelitian tindakan kelas di SDN Pengasinan V Kota Bekasi, Jawa Barat
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode pemecahan masalah ( problem solving ), untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa tentang pahlawan. Penelitian dilaksanakan di SDN Pengasinan V Kota Bekasi, dengan subjek penelitian siswa kelas 5 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan penalaran siswa khususnya tentang pahlawan pemecahan masalah (problem solving), dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa, khususnya tentang pahlawan, dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving). Hal ini dibuktikan dengan nilai kemampuan penalaran siswa pada siklus I yaitu 63,9% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 91,7% siswa yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah, membuat siswa lebih aktif belajar sesuai masalah nyata dan kontekstual dengan pemahaman yang terintegrasi. Guru bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai kebu tuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna. Bibliografi : lembar 83-84
SS00012444 | SK12444 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain