Text
Pengaruh persentase penambahan ubi Cilembu dalam pembuatan kue bapel terhadap daya terima konsumen
PENGARUH PERSENTASE PENAMBAHAN UBI CILEMBU DALAM PEMBUATAN KUE BAPEL TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN
LUTHFIYAH MAULIDA
Pembimbing Metty Muhariati dan Ridawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan ubi cilembu dengan persentase yang berbeda terhadap daya terima konsumen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan, Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta pada bulan April 2016 – Januari 2017, dengan menggunakan metode eksperimen. Persentase penambahan ubi cilembu dalam pembuatan kue bapel yang digunakan adalah sebesar 60%, 80% dan 100%. Untuk menilai daya terima konsumen terhadap kue bapel dengan penambahan ubi cilembu dilakukan uji organoleptik terhadap aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur kue bapel kepada panelis agak terlatih yaitu mahasiswa program studi Tata Boga Universitas negeri Jakarta yang berjumlah 30 orang. Hasil uji friedman pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penambahan ubi cilembu untuk aspek warna, aroma, dan tekstur kue bapel, sedangkan hasil untuk aspek rasa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penambahan ubi cilembu dalam pembuatan kue bapel. Uji Tuckey dilakukan untuk mengetahui produk yang paling disukai konsumen. Hasil uji Tuckey pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa rasa kue bapel dengan penambahan ubi cilembu sebanyak 80% dan 100% merupakan produk yang paling disukai oleh konsumen. Sehingga kue bapel dengan penambahan ubi cilembu sebanyak 100% adalah formula yang paling direkomendasikan untuk diproduksi karena dapat mengoptimalkan penggunaan ubi cilembu dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Kata kunci : Ubi Cilembu, Kue Bapel, Persentase Penambahan, Daya Terima Konsumen. Biblografi : lembar 66-67
SS00012455 | SK 12455 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain