Text
Pemanfaatan video streaming Youtube sebagat sunber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VI di Sekolah Dasar Al-Bayynah Muhammadiyah
ABSTRAK
Muhamad Hasyim As’ari: Pemanfaatan Video Streaming YouTube Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI di Sekolah Dasar Al-Bayyinah Muhammadiyah. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prosedur pemanfaatan video streaming YouTube sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas VI. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah : 1) mendeskripsikan analisis Peserta didik yang dilakukan guru, 2) mendeskripsikan perumusan tujuan pembelajaran 3) mendeskripsikan pemilihan metode, media dan bahan ajar, 4) mendeskripsikan penggunaan media, dan bahan ajar, 5) mendeskripsikan partisipasi Peserta didik, 6) mendeskripsikan evaluasi dan perbaikan yang dilakukan guru.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI SD Al-Bayyinah Muhammadiyah, dengan sampel kelas VI-B sebanyak 30 orang Peserta didik dan 2 orang Guru. Teknik pengambilan data menggunakan observasi,kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan video streaming YouTube sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas VI sudah dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan tahapan prosedur pemanfaatan ASSURE.
Kata Kunci: Pemanfaatan, ASSURE, internet, YouTube, sumber belajar, IPA, sekolah dasar
Bibliografi : lembar 102-104
SS00012446 | SK12446 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain