Text
Implementasi manajemen peserta didik berbasis sekolah di SMA Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH DI SMA AL AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA (2017)
PERMATA ISLAMI Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris serta mengamati secara langsung manajemen peserta didik berbasis sekolah yang dilaksanakan berdasarkan penerimaan, masa pengenalan lingkungan sekolah, pembinaan dan pengembangan peserta didik di SMA Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Nara sumber atau pihak informan data dari penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kepala Tata Usaha, Guru Bimbingan Konseling dan Ketua Osis SMA Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa, (1).pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi : pembentukan panitia penerimaan peserta didik, penyusunan prosedur dan persyaratan penerimaan calon peserta didik,, Pengumuman atau sosialisasi penerimaan calon peserta didik, selanjutnya proses penerimaan calon peserta didik, melakukan test seleksi calon peserta didik, selanjutnya pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru. (2) pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru bertujuan meliputi : pengenalan potensi diri, membantu beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah, dan menumbuhkan prilaku positif. (3) pembinaan dan pengembangan peserta didik baru meliputi : memberikan layanan bimbingan konseling, mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dan terpadu sesuai bakat, minat dan kreativitas.
Kata kunci : Manajemen berbasis sekolah, Penerimaan peserta didik, Masa pengenalan lingkungan sekolah, Pembinaan dan Pengembang peserta didik. Bibliografi : lembar 114-115
SS00012447 | SK12447 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain