Text
Upaya meningkatkan kecerdasan linguistik pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SD : penelitian tindakan kelas di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN 01 Bendungan Hilir) (2017) Indah Octaviani
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah pembelajaran kontekstual pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 01 Bendungan Hilir dapat di terapkan dan dapat meningkatkan kecerdasan linguistik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat sebanyak 31 orang yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Peneitian Tindakan Kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kecerdasan linguistik pada peserta didik. Pada siklus I sebanyak 15 peserta didik mendapat nilai lebih dari ≥75 dengan ketuntasan belajar 48,38%. Pada siklus II sejumlah 27 peserta didik memperoleh nilai ≥75 dengan ketuntasan belajar 87,09%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 78,94% sementara aktivitas peserta didik mencapai 76,47%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru sebesar 94,74% dan aktivitas peserta didik sebesar 88,23%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat melalui pembelajaran kontekstual.
Kata kunci : kecerdasan linguistik, Pembelajaran kontekstual. Bibliografi : lembar 113-114
SS00012449 | SK12449 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain