Text
Survei pendapat Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pesangrahan Jakarta Selatan terhadap perubahan kurikulum
Survei Pendapat Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan Terhadap Perubahan Kurikulum
Abstrak
( Riesty Aprilia Buddiyantine)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat guru sekolah dasar terhadap perubahan kurikulum khususnya kurikulum 2006 ke kurikulum 2013. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala Guttman 1-0 yang disebar ke 78 orang responden.
Hasil pengolahan data dalam penelitian menunjukkan bahwa pendapat guru sekolah dasar terhadap perubahan kurikulum dalam indikator persiapan kurikulum 2013 memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 90,11% hal ini dapat dikatakan guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan menyambut baik kurikulum 2013.
Mengenai konsep dasar kurikulum 2006 guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 75,05% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan telah memahami konsep dasar kurikulum 2006 sedangakan pada indikator konsep dasar kurikulum 2013 guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan juga memiliki pendapat yang positif dengan persentase sebesar 78,63% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan telah memahami konsep dasar kurikulum 2013 dan untuk indikator dampak dari perubahan kurikulum guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan memberikan pendapat yang positif dengan persentase dampak penerimaan perubahan sebesar 91,99% artinya guru sekolah dasar di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan dapat menerima dengan baik adanya perubahan kurikulum.
Kata Kunci : Survei, Pendapat Guru, kurikulum 2006, kurikulum 2013, guru sekolah dasar, perubahan kurikulum
Bibliografi : lembar 137-140
SS00012450 | SK12450 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain