Text
Upaya meningkatkan motivasi belajar IPS melalui model comperative learning tipe time token kelas IV SDN Pegangsaan Dua 01 Jakarta Utara
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN DI KELAS IV SDN PEGANGSAAN DUA 01 JAKARTA UTARA
Sinta Prasetiyarini
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang motivasi belajar IPS melalui model Cooperative Learning Tipe Time Token di kelas IV SDN Pegangsaan Dua 01. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 26 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Pada siklus I, motivasi belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 68,97% sehingga belum dinyatakan tuntas motivasi belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah target yang diharapkan yaitu sebesar 75%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 83,53%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 80% meningkat pada siklus II yaitu 90%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 60% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 80%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model Cooperative Learning Tipe Time Token dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar IPS, Model Cooperative Learning Tipe Time Token Bibliografi : lembar 84 -85
SS00012451 | SK12451 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain