Text
Kepuasan konsumen terhadap kinerja mahasiswa Pengelolaan Usaha Busana (PUB) Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Fadillah Mutia. Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Mahasiswa Pengelolaan Usaha Busana (PUB) Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta, Program Studi Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen tentang kinerja mahasiswa pengelolaan usaha busana. Adapun penelitian ini di Program Studi Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2016 – Februari 2017. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menjabarkan indikator kinerja yang kemudian menjadi acuan sebagai pembuatan kisi – kisi kuesioner. Prosedur pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada responden yaitu konsumen PUB yang melakukan order jasa atelier yaitu sebanyak 70 responden. Analisis penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil data kuesioner berupa nilai nilai harapan dan kenyataan suatu kepuasan konsumen terhadap kinerja mahasiswa PUB. Dilihat dari data hasil penelitian, perbandingan antara nilai kenyataan dengan harapan konsumenmemperlihatkan bahwa nilai kenyataan kinerja mahasiswa termasuk dalam kategori memuaskan. Walaupun nilai kenyataan kinerjanya tidak tinggi, tetapi tidak mengecewakan, ada beberapa indikator yang mendapat apresiasi tinggi dari konsumen sehingga mereka merasa puas dengan kinerja mahasiswa UNJ yaitu indikator reability dalam aspek mengukur tubuh konsumen, mendiskusikan desain, mendeskripsikan desain, dan menggambarkan desain, mahasiswa cukup handal dan dengan nilai yang dihasilkan konsumen dapat dikatakan puas. Pada indikator responsiveness konsumen dapat dikatakan merasa puas atas sikap menerima dengan baik setiap keluhan konsumen dan mahasiswa membuka diri pada saat diberi kritik serta dapat menerima masukan atau pendapat dari konsumen. Pada indikator assurances konsumen dapat dikatakan puas dalam aspek mahasiswa dapat mengerjakan order busana sesuai dengan jenis bahan dan kesempatan. Pada indikator empathy konsumen juga merasa puas atas sikap mahasiswa yang sopan santuk serta ramah taman dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada konsumen.
Kata kunci: Kepuasan konsumen, Kinerja, Mahasiswa PUB UNJ. Bibliografi : lembar 90-91
SS00012485 | SK 12485 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain