Text
The analysis of teaching learning activities in English for SMA/MA/SMK/MAK, year 11, semester 1, textbook based on Bloom's Revised Taxonomy
ABSTRAK
Martika Fitria Damayanti. Analisis Aktivitas Belajar Mengajar dalam Buku Teks untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas 11, Semester 1, Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Jakarta. Januari 2017.
Pengembangan kemampuan kognitif penting dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa. Revisi Taksonomi Bloom secara eksplisit tercantum dalam dokumen pendidikan nasional bahwa dapat menjadi alat untuk mengembangkan level kemampuan kognitif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kemampuan kognitif dalam BRT disajikan dalam aktivitas belajar mengajar pada buku Bahasa Inggris untuk kelas 11, semester 1. Penelitian ini berhubungan dengan Kurikulum Nasional 2013. Langkah pertama, aktivitas belajar menagajar dari buku teks disusun menggunakan skema pengkodean Revisi Taksonomi Bloom yang didesain oleh Krathwohl (2002). Kedua, data dianalisis dan dihitung frekuensi beserta persentase atas kemunculan dari level teori di seluruh bab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir rendah lebih merata dalam buku teks ini. Lalu, level tertinggi teori dari buku teks ini ada dalam level memahami dengan frekuensi sebesar 38.20% disamping level teori terendah ada pada level menganalisa dengan frekuensi sebesar 2.25%. Hasil akhir menyimpulkan bahwa buku teks ini tidak dapat membantu siswa berkembang dengan optimal.
Kata Kunci: Ranah Kognitif, Revisi Taksonomi Bloom, Kegiatan Pembelajaran.
Bibliografi : lembar 41-42
SS00012491 | SK 12491 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain