Text
Karakteristik gerak tari Golek Clunthang sebagai materi belajar pada semester ketiga di Sanggar Ayodya Pala
ABSTRAK
Myta Rahmawati.2017.Karakteristik Gerak Tari Golek Clunthang Sebagai Materi Belajar Pada Semester Ketiga di Sanggar Ayodya Pala.Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang karakteristik gerak yang terdapat pada tari Golek Clunthang di Sanggar Ayodya Pala. Manfaat penelitian ini untuk memberikan pengetahuan yang mendalam tentang struktur, karakter gerak dan pembelajaran tari Golek Clunthang Tari Golek Clunthang memiliki 3 gugus gerak, 7 kalimat gerak, 15 frase gerak, dan 85 motif gerak. Jumlah unsur gerak yang paling banyak adalah motif gerak. Bentuk tari Golek Clunthang menggunakan bermacam-macam bagian gerak, baik bagian gerak sebagai sikap, maupun gerak sebagai pelaksana yang terdiri atas 21 bagian gerak, dan 13 bagian sikap. Desain atas yang terdapat pada tari Golek Clunthang adalah desain lurus, lanjutan, statis, murni, lengkung, rendah, tinggi, simetris, asimetris, dan terlukis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif naturalistik menekankan pada peristiwa yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, serta studi pustaka sehingga ditemukanbanyak kemungkinan data yang diperoleh melalui proses teknik pengumpulan data tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Ayodya Pala, Depok. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu menjabarkan data-data melalui proses analisis dengan kata-kata yang telah tersusun. Dalam mengimplementasikan unsur gerak pada tari Golek Clunthang dibutuhkan beberapa faktor penunjang pembelajaran. Faktor-faktor berikut seperti tujuan pembelajaran, subjek pembelajaran, materi pembelajaran, strategi serta sarana dan prasana untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Kata kunci : Analisis Struktur Gerak, Krakteristik Gerak, Tari Golek Clunthang, Pembelajaran.
Bibliografi : lembar 102-103
SS00012492 | SK 12492 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain