Text
Perkembangan kemandirian tokoh utama dalam novel Supernova : partikel karangan Dewi Lestari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA
ABSTRAK
AMMALIA WULAN PUSPITASARI: Perkembangan Kemandirian Tokoh Utama dalam Novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian tokoh utama dalam novel Supernova: Partikel karangan Dewi Lestari dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini difokuskan pada perkembangan psikologi tokoh utama yang melalui pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel Supernova: Partikel karangan Dewi Lestari melalui 6 tahapan dalam perkembangannya, yaitu: (1) tingkatan impulsif dan melindungi diri, (2) komformistik, (3) tingkat kesadaran diri, (4) tingkat saksama, (5) tingkat individualistik, dan (6) tingkat kemandirian. Ditinjau dari pembelajaran sastra, penelitian ini dapat dikaitkan dengan materi ajar tentang novel dengan unsur instrinsik, yaitu tokoh utama dalam novel yang dipelajari. Materi tersebut tertera pada pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII, KD 3.3. Menganalisis teks novel baik melalui lisan dan tulisan, serta KD 4.1. Menginterpretasi makna teks novel.
Kata Kunci: perkembangan kemandirian, tokoh utama, pembelajaran sastra Bibliografi : lembar80-81
SS00012493 | SK 12493 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain