Text
Cognitive levels and knowledge dimensions in the English National Examination question for junior high school year 2016 : a case study
ABSTRAK
KHAFINA MAWARDI. 2017. Aspek Kognitif dan Dimensi Pengetahuan dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti aspek kognitif dan dimensi pengetahuan dalam soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP tahun 2016. Penelitian ini akan menggunakan studi kasus karena dokumen soal Ujian Nasional akan diteliti berdasarkan Revisi dari Bloom Taksonomi dan Kompetensi Dasar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan faktual mengingat terdapat 20 soal yang bertanya tentang informasi spesifik dalam teks, pengetahuan faktual memahami terdapat 16 soal yang bertanya tentang persamaan kata, pengetahuan konseptual memahami terdapat 10 soal yang bertanya tentang ide utama sebuah paragraph atau teks dan pengetahuan konseptual menerapkan terdapat 4 soal yang bmeminta siswa untuk mengurutkan beberapa kata menjadi kalimat dan beberapa kalimat menjadi paragraf. Dapat disimpulkan bahwa soal UN Bahasa Inggris mengukur tingkat berpikir rendah dengan sejumlah pertanyaan yaitu informasi detil, persamaan kata, tema sebuah teks atau paragraf, mengisi titik-titik dan menyusun kata dan kalimat. Dimensi pengetahuan yang dihadirkan dalam teks yaitu pengetahuan faktual dan konseptual sedangkan pengetahuan prosedural dan metakognitif tidak dihadirkan dalam teks.
Kata kunci: Aspek Kognitif, Dimensi Pengetahuan, Ujian Nasional Bahasa Inggris
Bibliografi : lembar 36-39
SS00012494 | SK 12494 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain