Text
Teacher's authority in English teaching practice : a study of teaching practice (praktik keterampilan mengajar) English Department Student Year 2016
ABSTRAK
RANDY TEGUH P. 2017. Kewenangan Guru di Praktik Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris: Sebuah Penelitian Terkait Praktik Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris Tahun 2016. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. January 2017
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menylelidiki ragam dari kewenangan guru dalam praktik keterampilan mengajar Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah tiga Mahasiswa PKM atau Praktik Keterampilan Mengajar dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujaran atau tindakan guru terkait kewenagan guru yang digunakan oleh mahasiswa pkm dalam Praktik Keterampilan Mengajar. Peneliti menggunakan pengamatan kelas sebagai instrument untuk memperoleh data. Dari 92 ujaran dan tindakan kewenangan guru yang diamati, ragam legitimate authority adalah ragam yang paling sering digunakan oleh mahasiswa PKM sebanyak 52% pemakaian, diikuti oleh expert authority sebanyak 25%, referent authority sebanyak 17%, dan reward authority sebanyak 6% pemakaian. Mahasiswa PKM 1 dan 3 menggunakan tiga dari lima ragam kewenangan guru yaitu legitimate, expert, dan referent authority sedangkan mahasiswa PKM 2 menggunakan empat dari lima ragam yaitu legitimate, expert, referent, dan reward authority. Ditemukan juga punishment authority tidak digunakan oleh mahasiswa PKM.
Kata Kunci: Managemen Kelas, Kewenangan Guru, Praktik Keterampilan Mengajar.
Bibliografi : lembar 35-37
SS00012495 | SK 12495 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain