Text
Teacher's elicitation in English classroom interaction
ABSTRAK
DEA NUR AINI. 2017. Pancingan Guru dalam Interaksi Kelas Bahasa Inggris. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Penelitian ini ditujukan untuk mengindentifikasi pancingan guru dalam interaksi kelas bahasa Inggris. Penelitian ini difokuskan pada ucapan guru yang muncul selama proses pembelajaran. Peserta penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SD Al-Alaq Bekasi pada tahun akademik 2015/2016. Ucapan direkam dan ditranskrip, kemudian dianalisis rubrik analisis untuk menghitung frekuensi ucapan guru dan siswa. Selanjutnya, pancingan guru dianalisis menggunakan Coulthard (1975) dan Slatery dan Willis (2001). Hasil penelitian menunjukkan ada 108 ucapan teridentifikasi sebagai pancingan. Penelitian ini menemukan bahwa ada 4 tipe pancingan yang digunakan guru, pancingan untuk menginformasikan, pancingan untuk menyetujui, pancingan untuk mengklarifikasi, dan pancingan untuk mengulang. Pancinan yang paling sering digunakan adalah pancingan untuk menginformasikan menggunakan pertanyaan 5W1H sebanyak 49 kali. Pancingan guru tidak sepenuhnya memfasilitasi siswa untuk mengembangkan partisipasi lisan mereka dalam menjawab pertanyaan. Tapi pancingan guru yang telah berhasil membuat siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik. guru bahasa Inggris harus kreatif dalam memberikan pertanyaan.
Keywords: Pancingan guru, Interaksi kelas, Classroom Discourse Bibliografi : lembar 41-42
SS00012496 | SK 12496 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain