Text
Peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung bilangan campuran melalui pendekatan matematika realistik : penelitian tindakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikarang Kota 01 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2016/2017
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG
BILANGAN CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN
MATEMATIKA REALISTIK
Penelitian tindakan pada siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri Cikarang Kota 01 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi
Tahun Pelajaran 2016 / 2017
UMIYATI
ABSTRACT: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung bilangan campuran melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilkukan di SDN. Cikarang Kota 01 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi dengan 34 orang siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan dinamakan metode tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus ke kedua terdiri dari tiga pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pra tindakan, presentase siswa yang memiliki nilai 65 atau lebih 41,18%, siklus I 73,53% dan siklus II mencapai 85,29%. Presentase aktivitas guru di akhir pembelajaran siklus II dengan panduan instrument pemantau mencapai 95%, dan presentase aktivitas siswa di akhir pembelajaran siklus II dengan panduan instrument pemantau mencapai 90%. Oleh karena itu, pendekatan matematika realistik sebagai alternatif supaya mendapatkan hasil yang bagus. Dalam proses pembelajaran guru harus membuat para siswa ke dalam kelompok, menyusun masalah kontekstual yang para siswa temukan dalam kehidupan mereka, menyediakan beberapa peralatan dan membimbing mereka mencoba menyelesaikan masalah yang diberikan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Penelitian Tindakan, Pendekatan
Matematika Realistik.
Bibliografi : lembar 188-189
TM00002281 | TM 2281 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain