Text
Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD : studi eksperimen pada siswa kelas IV SD di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat) VIDYA ATIKA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas IV tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS siswa, (3) hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci : problem based learning, group investigation, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar IPS.
Bibliografi : 164-167
TM00002280 | TM 2280 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.02) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain