Text
Meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas segi banyak melalui metode pembelajaran kooperatif model student Teams achievement Division/STAD : penelitian tindakan pada siswa kelas IV SDN Mekarsari 07 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2016/2017
Entin Rustini, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Menghitung Luas Bangun Segi banyak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD pada Siswa Kelas IV SDN Mekarsari 07 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa tentang menghitung luas segi banyak dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mekarsari 07 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi dengan subjek penelitian sebanyak 28 orang siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus ke dua terdiri dari tiga pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar matematika siswa pada pra tindakan adalah 32,14%, siklus satu 60%, dan siklus dua mencapai 89%. Pencapaian hasil belajar ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pembelajaran model kooperatif STAD dan kuis dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun lebih bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran, dan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatip STAD (Student Teams Achievement Division), Kuis Bibliografi : lembar 169-172
TM00002277 | TM 2277 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain