Text
Peningkatan hasil belajar IPA tema Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dan hewan subtema Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan melalui metode inquiry terbimbing di kelas V SDN Karang Satria 04 : penelitian tindakan di SDN Karang Satria 04 Tambun Utara Bekasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN SUBTEMA MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN HEWAN MELALUI METODE INQUIRY TERBIMBING DI KELAS V SDN KARANG SATRIA 04
Rosmitoh Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar UNJ Nengrosse004@gmail.com
Abstrak: Peningkatan mutu pendidikan adalah faktor penting, dalam mencerdaskan bangsa tergantung kualitas dan profesionalisme guru. Guru mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan peserta didik. Tujuan pendidikan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode inquiry terbimbing di kelas V SDN karang Satria 04 Bekasi jumlah peserta didik 35 orang.Penelitian dilaksanakan bulan Nopember-Desember 2016. Metode (Action Research) dengan penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart.Penelitian dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data proses dan hasil. Data proses berupa pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, data hasil berupa skor/nilai peserta didik dari setiap akhir siklus. Aktivitas peserta didik meningkat dari 68,56% menjadi 92,42%, dan aktivitas guru juga meningkat dari siklus I hanya 68,57% menjadi 85,71% pada siklus II. Kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan metode inquiry terbimbing, terbukti pada setiap siklusnya terjadi peningkatan, dan dapat direkomendasikan bahwa penerapan metode inquiry terbimbing dapat digunakan untuk mata pelajaran yang lain.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan,Hasil Belajar, metode Inquiry Terbimbing Bibliografi : lembar 136-138
TM00002276 | TM 2276 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain