Text
Pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Citorek Gugus V : path analysis
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI CITOREK GUGUS V
(PATH ANALYSIS)
Anna Maria Oktaviani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Motivasi Berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Citorek Gugus V. Metode Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan path analysis, yang bertujuan untuk menelaah: 1) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Berprestasi, 2) Pengaruh Konsep DIri terhadap Motivasi Berprestasi, 3) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Konsep Diri.Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Citorek Gugus V yang terdiri dari SD Negeri 1 Citorek Tengah, SD Negeri 2 CItorek Tengah, SD Negeri 3 CItorek Tengah, SD Negeri 1 Citorek Barat, SD Negeri 1 Citorek Sebrang. Sampel yang di gunakan menggunakan Sampel Jenuh setelah SD Negeri 1 Citorek Sebrang di jadikan uji coba intrumen dengan secara acak.Uji normalitas menggunakan uji liliefors diperoleh nilai sebesar 0,079 untuk variable Kecerdasan emosional, 0,034 untuk Konsep Diri, dan 0,086 Motivai Berprestasi yang menyatakan bahwa H0 di terima yang berarti data berdistribusi Normal. Dalam penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung kecerdassan emosional terhadap motivasi berprestasi dengan nilai kolerasi 0,388 dan nilai koefisien jalur 0,238, terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi dengan nilai kolerasi 0,457 dan nilai koefisien jalur 0,357 dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap konsep diri dengan nilai kolerasi 0,418 dan nilai koefisien jalur 0,418.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, konsep diri, motivasi berprestasi, IPS SD kelas IV.Bibliografi : lembar 138-141
TM00002278 | TM 2278 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain