Text
Strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur'an pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Ristek Kikin Cakung
ABSTRAK
Fajril Wahdi, Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK Ristek Kikin Cakung, Skripsi, Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK Ristek Kikin Cakung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi pembelajaran pada umumnya dan juga strategi pembelajaran khusus untuk baca tulis Al-Qur‟an beserta metode-metode yang berkaitan dengan baca tulis Al-Qur‟an. Seperti strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an dari Zarkasyi, yaitu Sistem sorogan / individu, Klasikal individu, dan Klasikal baca simak. Untuk metode dalam strategi pembelajaran baca tulis AlQur‟annya yaitu Metode Baghdadiyah, Metode Iqro‟ (KH.As‟ad Humam), Metode Qiro‟ati, Metode Al-Barqy, Metode Tilawati, Metode Iqro‟ (Drs.Tasrifin Karim), dan Metode Dirosa. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang diterapkan di SMK Ristek Kikin Cakung mampu mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an siswa yang kemudian dirincikan, Pertama, Tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur‟an di SMK Ristek Kikin Cakung bagi para siswa yang aktif dalam kegiatan tersebut agar dapat membaca Al-Qur‟an secara baik dan benar bahkan bertambah pemahaman tentang AlQur‟an. Kedua, Strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang diterapkan oleh Ustadz Muammar (Guru BTQ SMK Ristek Kikin Cakung) menggunakan strategi dari Zarkasyi yang didalamnya didominasi oleh metode Al-Barqy, metode Qiro‟ati, dan metode Tilawati. Ketiga, Para siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur‟an sejak kelas X – XI menjadi sudah pandai membaca Al-Qur‟an secara fasih dan sesuai dengan tajwid ketika menjadi siswa kelas XII.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur‟an, Kegiatan Ekstrakurikuler Bibliografi : lembar 70-71
SS00012628 | SK 12628 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain