Text
Pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar siswa terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon : path analysis di SD Negeri Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon
PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN WALED KABUPATEN CIREBON (PATH ANALYSIS DI GUGUS 3 KECAMATAN WALED)
HEMA WIDIAWATI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Se Gugus III Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon pada bulan Nopember Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester I. Sampel penelitian ini kelas V SDN 1 Cikulak sebanyak 13, SDN 2 Cikulak sebanyak 14, SDN 3 Cikulak sebanyak 13, SDN 1 Cibogo sebanyak 20, SDN 2 Cibogo sebanyak 25 dan SDN 1 Cisaat sebanyak 15 responden yang diambil dengan teknik Cluster Sampling Area. Metode penelitian ini dengan metode survei dengan menggunakan path analysis, yang bertujuan untuk menelaah: 1) pengaruh langsung antara manajemen kelas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan 3) pengaruh langsung antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara manajemen kelas terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,603, terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,786 dan terdapat pengaruh langsung antara manajemen kelas dan motivasi belajar sebesar 0,536.
Kata kunci: manajemen kelas, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis Bibliografi : lembar 109-111
TM00002326 | TM 2326 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain