Text
Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa : studi eksperimen pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Pancawati II Kecamatan Kiari Kabupaten Karawang
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
( Study Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pancawati II Kecamatan Klari Kabupaten Karawang
LELA NURLAELA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film documenter dan motivas ibelaja rterhadap kemampuan berpikirkritis siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen treatment 2 x 2 dan dilaksanakan di kelas IV SDN Pancawati II Klari Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya perbedaan kemampuan berpikirkritis siswa yang menggunakan media film documenter dengan media gambar, (2) terdapat interaksi antara media film documenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikirkritis siswa, (3) terdapat perbedaan antara siswa yang diberi pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar tinggi dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan motivasi belajartinggi, (4) terdapat perbedaanantarasiswa yang diberi pembelajaran film documenter dengan motivasibelajar rendah dengansiswa yang diberipembelajaran media gambardanmotivasibelajarrendah
Kata kunci :media film dokumenter, media gambar, motivasi belajar, kemampuan berpikirkritis
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
( Study Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pancawati II Kecamatan Klari Kabupaten Karawang
LELA NURLAELA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film documenter dan motivas ibelaja rterhadap kemampuan berpikirkritis siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen treatment 2 x 2 dan dilaksanakan di kelas IV SDN Pancawati II Klari Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya perbedaan kemampuan berpikirkritis siswa yang menggunakan media film documenter dengan media gambar, (2) terdapat interaksi antara media film documenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikirkritis siswa, (3) terdapat perbedaan antara siswa yang diberi pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar tinggi dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan motivasi belajartinggi, (4) terdapat perbedaanantarasiswa yang diberi pembelajaran film documenter dengan motivasibelajar rendah dengansiswa yang diberipembelajaran media gambardanmotivasibelajarrendah
Kata kunci :media film dokumenter, media gambar, motivasi belajar, kemampuan berpikirkritis
Bibliografi : lembar 119
TM00002325 | TM 2325 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain