Text
Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pemecahan masalah di kelas V SDN Sukabungah 02 Bekasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS V SDN SUKABUNGAH 02 BEKASI Kardi Sukardi kardisukaspd@gmail.com Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai hasil belajar matematika di kelas v. Dijumpai dalam pembelajaran bahwa guru belum maksimal menggunakan metode, media dan pendekatan yang konkret, sehingga peserta didik dalam pembelajaran kurang termotivasi dan dapat belajar dengan aktif dan kreatif. Guru senatiasa selalu menggunakan berbagai macam metode, media, pendekatan, dan strategi dalam pembelajaran agar peserta didik dapat belajar dengan aktif, kreatif dan menyenangkan. Sehingga peserta didik mampu mengembangkan berpikirnya. Guru senantiasa menggunakan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika tentang persentase, agar peserta didik terampil dalam mengatasi berbagai masalah dalam hidupnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukabungah 02 Bekasi, khususnya kelas V. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan (action research) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I Hasil Belajar Matematika tentang persentase dengan nilai sebesar 60% dengan rata-rata 60. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 90%, dengan rata-rata 90. Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode pemechan masalah pada siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 90%. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang persentase di kelas V SDN Sukabungah 02 Bekasi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pemecahan Masalah, Penelitian Tindakan
Bibliografi : lembar 123-124
TM00002327 | TM 2327 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain