Text
Peningkatan keterampilan menulis sambung melalui metode resitasi di kelas II SD Negari Mekarsari 02 Tambun Selatan : penelitian tindakan pada siswa kelas II SDN Mekarsari 02 Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi tahun Pelajaran 2016/2017
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SAMBUNG MELALUI METODE RESITASI DI KELAS II SDN MEKARSARI 02 TAMBUN SELATAN
Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas II SDN MEKARSARI 02 Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi Tahun Pelajaran 2016 / 2017
ABSTRAK
Penelitian tindakan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis sambung melalui metode resitasi di SDN Mekarsari 02 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi . Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis sambung dengan variabel penelitian yaitu melalui metode resitasi . Model penelitian ini adalah penelitia n tindakan dengan model tindakan Kemmis dan MC. Taggart yang mempunyai dua siklus terdiri dari , perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah murid kelas II SDN Mekarsari 02 Tambun Selatan Bekasi yang terdiri dari 28 siswa. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan penilaian. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar keterampilan menulis sambung siswa 61,36%, siklus I rata-rata hasil belajar keterampilan menulis sambung 72,75% dan siklus II rata-rata hasil belajar keterampilan menulis sambung siswa menjadi 73,07%. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya 7 orang siswa yang nilai nya diatas KKM atau hanya 25%, pada siklus I yaitu 15 siswa atau 53,6% dan pada siklus II sebanyak 25 siswa atau 89,3%. Dengan demikian penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran keterampilan menulis sambung dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis sambung pada siswa kelas II SDN Mekarsari 02 Tambun Selatan Bekasi pada tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci : Keterampilan menulis sambung, metode resitasi
Bibliografi : lembar 132-133
TM00002331 | TM 2331 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain