Text
Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem
ABSTRAK
NUR FAJRYYANI. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Ekosistem. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tercapainya hasil belajar siswa. Sumber belajar memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar siswa. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu) Daarul Fikri Bekasi pada bulan Mei-Juni 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A (model Discovery Learning dengan memanfaatkan lingkungan sekolah), VII B (model Discovery Learning di dalam kelas dengan memanfaatkan sajian gambar) yang dipilih secara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal post-test dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelompok kelas berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem.
Kata Kunci: hasil belajar, pemanfataan lingkungan sekolah, sumber belajar
Bibliografi : lembar 44-45
SS00012553 | SK 12553 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain