Text
Pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SIWA KELAS IV DI SDN KADUAGUNG TIMUR 1 KEC. CIBADAK KAB. LEBAKBANTEN
DINE TRIO RATNASAR
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD dan metode ceramah bervariasi ditinjau dari sikap sosial siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten dengan menggunakan rancangan Eksperimen Faktorial Treatment by level 2x2. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Random sampling. Pengolahan data diambil dari 27% sampel kelompok atas dan kelompok bawah. Data yang diperoleh diolah dengan menggunkan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitiannya adalah : (1) secara keseluruhan, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi, (2) untuk siswa yang memilik sikap sosial tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (3) untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Siswa yang belajar dengan menggunkan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi (4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dan siskap sosial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten. Penelitian ini memberikan impliksi antara lain : 1) model pembelajaran kooperatif STAD dan metode ceramah bervariasi perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran IPS, dan (2) peneran model pembelajaran kooperatif STAD dan metode ceramah bervariasi hendaknya mempertimbangkan tingkat sikap sosial siswa.
Kata kunci: kooperatif, sikap sosial , kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Bibliografi : lembar 130-132
TM00002259 | TM 2259 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain