Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Metro
ABSTRAK
PENGARUH PENDEKATAN RME DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV KOTA METRO
FAHRUDIN fahrudinvivo@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan Konvensional dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 07 Metro Pusat Kota Metro. Desain penelitian menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Hasil penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Konvensional. (2) Adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. (3) Kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa Sekolah Dasar antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional yang memiliki kemampuan awal tinggi. (4) kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa Sekolah dasar antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang memiliki kemampuan awal rendah lebih rendah dari pada siswa yang belajar menggunakan pendekatan Konvensional yang memiliki kemampuan awal rendah.
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pendekatan Konvensional, Kemampuan Awal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Bibliografi : lembar 111-112
TM00002260 | TM 2260 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain