Text
Perbedaan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes fisiologi reproduksi hewan menggunakan sistem ujian online dan sistem ujian konvensional
ABSTRAK
EMI. Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Tes Fisiologi
Reproduksi Hewan Dengan Sistem Ujian Online dan Sistem Ujian
Konvensional. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta. 2017.
Dalam menghadapi tes, umumnya sesorang akan merasakan kecemasan
dalam tingkat yang berbeda-beda. Kecemasan ini disebut kecemasan
dalam menghadapi tes (Test Anxiety). Test anxiety pada tingkatan berat
dapat menurunkan motivasi, hasil dan prestasi belajar hingga kegagalan
akademik. Oleh karena itu, hal ini perlu ditanggapi dengan serius.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang perbedaan
kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes Fisiologi Reproduksi
Hewan dengan menggunakan sistem ujian online dan sistem ujian
konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri
Jakarta pada September-Desember 2016. Metode yang digunakan
adalah deskriptif. Sampel penelitian diperoleh secara purposive sampling,
yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang sedang
mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Prodi Pendidikan Biologi terdiri
dari dua kelas, yaitu kelas 1 yang melaksanakan ujian secara online dan
kelas 2 yang melaksanakan ujian secara konvensional. Instrumen yang
digunakan adalah kuesioner yang dibuat menggunakan skala likert yang
memiliki empat alternatif jawaban. Uji prasyarat analisis yang digunakan
adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas
dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi
normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukan
berarti tidak terdapat perbedaan kecemasan mahasiswa dalam
menghadapi tes Fisiologi Reproduksi Hewan menggunakan sistem ujian
online dan sistem ujian konvensional.
Kata Kunci: Kecemasan, ujian konvensional, ujian online
Bibliografi : lembar 55-58
SS00012573 | SK 12573 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain