Text
Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar biologi siswa SMAN 54 Jakarta
ABSTRAK
SELVYANA. Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 54 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Hasil belajar merupakan tolok ukur kemampuan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disiplin belajar. Perbedaan disiplin belajar pada masingmasing siswa memunculkan hasil belajar yang berbeda-beda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 54 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 tepatnya pada bulan November 2016. Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan uji korelasi. Sampel yang digunakan sebanyak 102 siswa dari 3 kelas X MIA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disiplin belajar, tes materi protista dan nilai ulangan harian biologi 1-3. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Setelah diuji prasyarat, diperoleh data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linier dan uji korelasi. Model regresi yang didapat adalah Ŷ = 25,869 + 0,609X. Persamaan ini linier dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,047. Koefisien korelasi dihitung menggunakan rumus Person Product Moment mendapatkan nilai korelasi rxy = 0,554. Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Disiplin belajar memberi kontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa sebesar 35,7%.
Kata Kunci: biologi, disiplin belajar, hasil belajar, protista.
Bibliografi : lembar 55-57
SS00012580 | SK 12580 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain