Text
Gaya belajar bahasa Prancis pada siswa kelas V SDIT Ar-Raudhah
ABSTRAK
REYNALDY SAPUTRA. 2016. Gaya Belajar Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas V SDIT Ar-Raudhah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya belajar bahasa Prancis pada siswa kelas V SDIT Ar-Raudhah dan faktor-faktor yang mempengaruhi anak belajar. Penelitian ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan berlangsung sejak 19 Oktober sampai 23 November 2016 dengan menggunakan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di kelas.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Berpedoman pada prosedur penelitian studi kasus yang dijelaskan oleh Soy dan Tellis, maka tahaptahap yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain menentukan fokus penelitian dan memformulasikan pertanyaan, menentukan kasus, cara pengumpulan data dan analisa data, mempersiapkan alat pengumpul data, mengumpulkan data di lapangan, mengevaluasi dan menganalisa data, selanjutanya membuat laporan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Yin yaitu teknik analisis pattern-matching dan explanation-building.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V SDIT ArRaudhah didominasi oleh gaya belajar visual yaitu belajar dengan cara melihat. Komposisi gaya belajar pada siswa kelas V SDIT Ar-Raudhah berbeda. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi anak belajar baik internal maupun eksternal siswa.
Kata kunci : Gaya belajar, bahasa Prancis, faktor belajar Bibliografi : lembar 77-78
SS00012587 | SK 12587 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain