Text
Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan media audio-visual di kelas IV SD Negeri Bekasi : penelitian tindakan di kelas IV SD Negeri Mekarsari 06 Kecamatan Tambun Selatan
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DIKELAS IV SD NEGERI BEKASI
Penelitian Tindakan di Kelas IV SD Negeri Mekarsari 06 Kecamatan Tambun Selatan
HERAWATI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia yang difokuskan pada keterampilan berbicara siswa kelas IV dengan menggunakan media audio visual. Apabila media audio visual diterapkan sebagai media pembelajaran dengan prinsip dan teknik yang tepat, maka akan meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Mekarsari 06 Kecamatan Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas dua siklus; siklus pertama terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Analisa data deskriptif diperoleh dengan mengelompokkan data berdasarkan kriteria, menghitung rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan ketuntasan belajar peserta didik dan mempresentasikannya, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil catatan lapangan, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV.
kata kunci : meningkatkan keterampilan berbicara, aspek kebahasaan dan non kebahasaan, media audio visual.
Bibliografi : lembar 144-145
TM00002261 | TM 2261 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain