Text
Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis komik di Sekolah Dasar
Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Komik di Sekolah Dasar
Rossi Iskandar
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis komik pokok bahasan persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Media ini dikemas dalam suatu produk komik yang dapat menjadi pelajaran alternatif bagi pendidik dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and development dengan model pengembangan Dick and Carey. Penilaian kelayakan komik dilakukan dengan melibatkan ahli materi, media, bahasa dan siswa. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi 96,36 %, ahli media 97, 78% ahli bahasa 80 %. Hasil dari uji kelayakan tersebut menyatakan media komik ini layak untuk digunakan. Efektifitas dilakukan dengan uji hipotesis thitung = 13, 817 dengan db 44 dan angka signifikan. Atau p-value 0,000 < 0,05 atau Ho di tolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang signifikan antara sebelum menerapkan media komik yaitu 7.00 dan setelah diberi media pembelajaran berbasis komik 8.42. Kata kunci: Penelitian pengembangan, media pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial, komik. sekolah dasar. Bibliografi : lembar 132-136
TM00002258 | TM 2258 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.02) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain