Text
Peningkatan hasil belajar IPS tema 2 (selalu berhemat energi) sub-tema 1. macam-macam sumber energi melalui pendekatan kontestual di kelas IV SDN Sukabungah 01
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 2 (SELALU BERHEMAT ENERGI) SUB-TEMA 1. MACAM-MACAM SUMBER ENERGI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN SUKABUNGAH 01 (2017)
IWAN SETIAWAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDN Sukabungah 01 pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukabungah 01 dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPS dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS tema selalu berhemat energi sub-tema macam-macam sumber energi. Dibuktikan dengan hasil belajar IPS Siklus I dengan rata-rata nilai 69,41, aktivitas siswa 68% dan aktivitas guru 67,75%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,53, aktivitas siswa 87% dan aktivitas guru 86%. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan kontekstual menekankan siswa aktif secara fisik dan mental sehingga pembelajaran lebih bermakna dan pembelajaran berpusat pada siswa. Kata Kunci: Penelitian Tindakan,Hasil Belajar IPS,Pendekatan Kontekstual Bibliografi : lembar 146-148
TM00002263 | TM 2263 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain